10 Maret 2009

macam dan fungsi ActionScript

ActionScript adalah bahasa pemrograman yang di pakai oleh software Flash untuk mengendalikan object-object ataupun movie yang terdapat dalam Flash. Sebenarnya Flash juga bisa tidak menggunakan ActionScript dalam pemakaiannya, tapi kalau menginginkan adanya interaktifitas yang lebih komplek maka ActiosScript ini dibutuhkan. ActionScript mungkin akan sangat terasa familiar bagi kamu yang udah pernah memakai bahasa pemrograman Java-Script karna ActionScript memakai basic yang sama dengan Java-Script.

Apa sih gunanya ActionScript?

ActionsScirpt mempunyai banyak kegunaan, untuk contohnya ActionScript bisa dipakai untuk:

  • Membuat Web Interaktif
  • Membuat CD interaktif
  • Membuat presentasi yang bagus
  • Membuat Game interaktif
  • Membuat Game Online
  • Membuat Simulasi dan animasi dalam pembelajaran
  • ActionScript juga bisa berkomunikasi dengan bahasa pemrograman lain seperti PHP dan ColdFusion
  • dan masih banyak juga yang lainnya..

Object dan Frame Actions

Struktur dasar dari sebuah aksi adalah:

saatSesuatuTerjadi(input) {

lakukanAksi

}


Ada dua macam Action yang terdapat dalam ActionScript: object actions dan frame actions.

Object Actions - MovieClips

Object actions adalah sebuah actions dari ActionScript yang di tempatkan didalam object. yang didalam flash dikenal dengan symbol baik itu MovieClip ataupun Button. didalam flash ada 3 macam symbol: MovieClip, Button dan Graphic. MovieClip dan Button bisa diberikan Actions sedangakan Graphic tidak.object action menempati instance dari sebuah symbol, bukan symbol itu sendiri. symbol yang sudah didalam stage (bukan dalam library) mempunyai properties dan method masing masing. Untuk contoh sebuah Action yang di tempatkan dalam MovieClip Download Fla.

  1. Buka file object actions - MovieClip.fla dengan menggunakan software flash(Macromedia Flash 8 atau versi yang terbaru)
  2. Jalakan Movie tersebut : Control > testMovie
  3. tekan mouse dan gerakan. maka kotak yang ada disebelah kiri akan bergeser, tetapi tidak dengan kotak yang disebelah kanan.

MovieClip yang berbentuk kotak yang disebelah kiri telah disisipi object action sedangkan movieClip yang berbentuk kotak disbelah kanan tidak. untuk melihat script bukan panel action di flash: Window > Actions dan klik MovieClip kotak yang disebelah kiri.

 Action Object - MovieClip

Script ini akan terus berfungsi selama MovieClip yang diberikan script ini masih ada, dan tidak tergantung kepada frame. Didalam script tersebut terdapat dua buah function onClipEvent, onClipEvent ialah sebuah event Handler (bingung di bahasa indonesiain gimana, keadaan dimana sesuatu telah terjadi. jadi onClipEvent ini adalah sebuah fungsi yang akan terus mengawasi apa yang sedang dilakukan oleh user. mouseDown adalah saat user menekan mouse dan mouseUp adalah saat user berhenti menekan mouse. mouseDown dan mouseUp adalah input variabel yang akan di lakukan user. starDrag aksi yang dilakukan setalah user memberi inputan sesuai dengan fungsi, dan (this) adalah instance atau object yang akan melakukan aksi,(this) ini juga bisa merupakan nama dari instance kalo nama instance dari kotak tersebut adalah kotakkiri maka script tersebut menjadi starDrag(kotakkiri) .

beberapa event yang terdapat dalam movieClip:

  • load

  • unload

  • enterFrame

  • mouseMove

  • mouseDown

  • mouseUp

  • keyDown

  • keyUp

  • data

Object Actions - Button

Object actions yang disisipkan didalam button mempunyai structure yang sama bedanya hanya dalam event handler dimana kalau didalam movieClip adalah onClipEvent sedanangkan pada button adalah on.

beberapa event yang terdapat dalam button:

  • press

  • release

  • releaseOutside

  • rollOver

  • rollOut

  • dragOver

  • dragOut

  • keyPress

untuk contoh Download Fla.

Frame Actions

Frame Actions dalam penggunaanya hampir sama dengan object action. kalo object action adalah ActionScript yang disisipkan pada sebuah object sedangkan Frame Action adalah ActionScript yang disisipkan pada frame di movie flash. dan script ini akan berjalan apabila movie berada pada frame yang telah disisipi oleh script. dalam penempatannya klik terlebih dahulu frame yang akan di sisipi script dan tuliskan actionsctipr didalam panel action. untuk contoh Frame Action Download Fla.

  1. Buka file frame action.fla.
  2. perhatikan pada frame 36 di layer 1, di frame tersebut action disisipkan.
  3. klik di frame tersebut.
  4. buka action panel.

frame 36 di layer 1 adalah tempat dimana frame tersebut disisipkan, dan script akan berjalan atau dieksekusi apabila movie telah berada pada frame tersebut, coba jalankan file tersebut dengan control > test Movie kotak akan bergerak dari kiri ke kanan. dan pada saat telah berada di kanan dimana frame movie berada pada frame 36 makan script akan di eksekusi. script yang disisipkan disini adalah stop(); , dan berfungsi untuk menghentikan jalannya animasi dan di frame tersebut berhenti.

Dot Syntax

ActionScript sama dengan JavaScript keduanya menggunakan apa yang disebut dengan dot syntax. untuk contohnya apabila kamu mempunyai sebuah MovieClip di stage yang diberinama instance kotak dan didalam MovieClip tersebut terdapat sebuah MovieClip yang diberi nama instance lingkaran, maka untuk mengakses MovieClip longkaran adalah dengan

_root.kotak.lingkaran

_root disini adalah dasar dari sebuah flash movi, jika kamu ingin mencari titik x di stage maka yang digunakan adalah

xPosisition = _root.kotak.lingakan._x;

_x adalah property yang menyatakan posisi horizontal dari sebuah object.

Properties

Properties adalah ciri ciri dari sebuah object. setiap object di flash memiliki properties. Beberapa contoh dari protperti di flash adalah:

  • Beerapa lebar sebuah object (_widht)
  • Dimana letak object tersebut (_x untuk posisi horizontal dan _y untuk posisi vertical)
  • Di frame manakah sebuah MovieClip sedang berjalan (_currentframe)
  • Nilai transparant (_alpha)
  • Nama dari object(_name)
  • Bisa dilihat atau tidak (_visible)
  • Bisa dipergunakan atau tidak (_enabled)

A property is a piece of an object. Most objects are simply collections of properties. Examples of some movie clip properties are:

  • how wide it is (_width)

  • where it is on the stage (_x and _y)

  • what frame is currently being played (_currentframe)

  • how transparent it is (_alpha)

  • its name (_name)

  • whether it's visible or not (_visible)

Properties bisa di ketahui atau bahkan di ganti. untuk contohnya, apabila kita ingin mendapatkan lebar dan tinggi dari sebuah MovieClip yang mempunyai instance name "kotak":

lebarKotak = _root.kotak._width;

tinggiKotak = _root.kotak._width;

Apabila kita ingin mengganti lebar dan tinngi dari MovieClip kotak tersebut dengan tinggi dan lebar sesuai dengan keinginan kita maka digunakan script:

_root.kotak._width = 100; apa bila kita menginginkan lebar kotak adalah 100

_root.kotak._height = 200; apa bila kita menginginkan tinggi kotak adalah 200

Hampir semua properties dalam ActionScript dimulai dengan undersocre (_).

Methods

Method adalah apa yang bisa di lakukan oleh sebuah object atau apa yang bisa kamu lakukan untuk sebuah object, beberapa contoh method yang bisa dilakukan dalam flash adalah:

  • Stop(), untukMenghentikan MovieClip yang sedang berjalan.
  • gotoAndPlay(frametujuan), untuk pergi ke frame tertentu dan mulai menjalankan MovieClip di frame tersebut.
  • gotoAndStop(frametujuan), untuk pergi ke frame tertentu dan mulai menghentikan MovieClip di frame tersebut.
  • Mouse.hide(). untuk menghilangkan cursor.

untuk contoh apabila kita ingin sebuah MovieClip yang bernama instance "kotak" berhenti di frame 10, maka digunakan script:

_root.kotak.gotoAndStop(10);


Events and Event Handlers

Ada dua cara dalam penyisipan actionScript seperti yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu object actions dan frame actions dalam penggunaannya. apabila kita menggunakan object action maka script ditempatkan pada objectnya.

contoh pada button berinstance "gerak_btn" untuk menghentikan MovieClip berinstance "kotak_mc":

on(release) {

_root.kotak_mc.stop();

}

contoh pada button berinstance "berhenti_btn" untuk menjalankan MovieClip berinstance "kotak_mc":

on(release) {

_root.kotak_mc.play();

}

untuk contoh Download Fla.

dan apabila kita menyisipkan pada frame maka kita harus mengidentifikasikan terlebih dahulu object yang akan melakukan event.


gerak_btn.onRelease = function () {

_root.kotak_mc.play()


}


berhenti_btn.onRelease = function () {
_root.kotak_mc.stop()

}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mz

ayo ngechat

sms